Dinas Sosial Pesisir Barat, Sosialisasi Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kecamatan Pesisir Selatan

  • Whatsapp

Pesisir Barat – (diberita.com)

Bacaan Lainnya

Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat, Sosialisasi Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kecamatan Pesisir Selatan yang betempat di Pekon Negri Ratu Tenumbang, (Rabu 31/3/2021).

Acara Sosialisasi Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang dihadiri perwakilan masyarakat dan seluruh Peratin Kecamatan Pesisir Selatan,
juga Camat Pesisir Selatan.

Adapun Pekon yangg tidak hadir yaitu Pekon Marang, Way Jambu dan Bangun Negara,
dari 15 Pekon yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan.

Acara dimulai dan dibuka lansung oleh Kadisos Pesibar Agus triadi, Sip, MM.

Yang dilanjutkan acara Sosialisasi oleh Kabid Pemberdayaan Sosial Rena Novasari, SH,MM, menerangkan bahwa
Adanya sosialisasi layanan rujukan terpadu ini nantinya akan dilaksanakan poskessos di tiap – tiap Kecamatan. Yang tujuannya untuk mempermudah pengaduan dan laporan masyarakat tentang sosial.

Misalnya ada orang yang benar – benar tidak mampu, tapi ternyata tidak mendapatkan bantuan.
Begitu juga sebaliknya jika ada orang yang mampu ternyata mendapatkan bantuan.

Lanjut “Rena, poskessos akan ada petugas yang menerima dan melayani serta meneruskan pengaduan masyarakat, dari kecamatan ke kabupaten bahkan nanti bisa lansung ke jaringan pusat”.

Untuk kecamatan pesisir selatan mungkin nanti akan ada poskessos di Pekon Negri Ratu Tenumbang yang nantinya petugas fasilitator akan mengecek dan terjun lansung ke pekon – pekon untuk memastikan keluhan masyarakat.

Setelah di cek nanti petugas akan mengkaji ulang apakah laporan masyarakat bisa di selesaikan di Pekon atau harus di tindak lanjuti untuk di selesaikan di kabupaten, bahkan mungkin lansung ke Pusat.

Dan setiap Pekon akan dibentuk anggota poskessos mempermudah jaringan untuk menyelesaikan keluhan masyarakat di tingkat bawah, dan ini
baru permulaan kita ambil contoh 3 Pekon dulu diantaranya,
1. pekon Nr tenumbang kec pss selatan
2. pekon Sukabaru kec way krui
3. Pekon kotajawa kec bangkunat.

Selanjutnya kedepan diharapkan seluruh Pekon Se-Kabupaten Pesisir Barat, memiliki puskesos Sistem Rujukan Layanan Terpadu (SRLT).

Karna ini baru launcing maka untuk percontohan baru ada tiga pekon perwakilan di kabupaten pesisir barat, terang Rena Novasari, SH,MM (Kabid. Dinas Sosial Pesisir Barat.

Ditempat terpisah salah satu Peratin yang enggan menyebutkan namanya, kepada awak media (diberita.com) menjelaskan bahwa mereka sangat menyambut baik tentang apa yang disosialisasikan oleh Dinas Sosial Pesisir Barat. Berharap ini semua akan membantu kemudahan dalam bekerja serta banyak manfaatnya bagi warga masyarakat yang ada di Pekon masing – masing pungkasnya. (Azhar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *