Realisasikan Dana Desa Tahap I dan BLT DD Tahap I, II, Kades Edi Usulkan Pembangunan Lapen dan Gorong-Gorong di Termin Kedua DD 2024

Diberita.com | Lampung timur – Tahap pembangunan di desa muara jaya semakin terlihat nyata salah satunya pembangunan pisik di beberapa titik wilayah kec.sukadana desa muara jaya Lampung timur sudah terealisasi. Hal itu disampaikan langsung oleh edi Sutono kades setempat saat berhasil dikomfirmasi pada jum’at (5 juli 2024).

“salah satu nya pembangunan telport (jalan onderlagh) dan Drainase melalui Dana desa DD tahap I Tahun anggaran 2024.

Menurut edi demi Kepentingan masyarakat mempermudah akses jalan hasil usaha di bidang pertanian di desanya. Kami sudah realisasikan Dana desa tahap I dengan membangun Telport Onderlagh dengan volume 407×3 Meter, dengan nilai Rp.  108.050.000 rupiah di dusun V desa setempat.

Selain itu juga disebutkan, pembangunan drainase dengan volume +-345×0,6×0,6 meter senilai Rp 139.214.000 rupiah sudah 50% dalam proses penyelesaian di dusun II muarajaya.

“Sementara ada dua titik yang belum dikerjakan yaitu gorong-gorong dan Lapen menunggu DD termin kedua yang sedang diusulkan. Pernyataan itu juga dibenarkan oleh Mukri selaku tim pelaksana kegiatan TPK desa.

Disamping itu sedang proses membangun kantor desa dan perapihan halaman, lampu, serta gorong-gorong pada pusat perbelanjaan serta kantor bumdes yang ada di desa muarajaya dengan sumber dana melalui tim pelaksana swakelola kelompok swadaya masyarakat (tps-ksm) desa setempat tambah Kades.

Dikutip dari kegunaan dana desa yang sudah terealisasi selain pembangunan pisik DD termin I, juga disebutkan sudah realisasi Dana desa non fisik seperti BLT-DD termin I dan II, terserap 36 PKM dengan nilai 300.000 per bulan nya selama 6 bulan.

Selain itu juga di sebutkan, melalui program pemerintah yakni pemberian makanan tambahan PMT untuk meningkatkan status gizi anak pada masyarakatnya .salah satu nya bantuan berupa susu , buah-buahan, dan kacang hijau.

Juga dikatakan, bantuan pangan melalui program pemerintah yaitu Cadangan beras pemerintah CBP yang dikelola bulog terealisasi beruapa beras 10kg selama 6 bulan, bantuan tersebut diutamakan warga sakit menahun yang benar-benar tidak dapat bantuan tapi layak dibantu, Kata edi.

Diketahui minggu kemarin kami sudah dilakukan Monev DD tahap I pada 27 juni lalu yang di hadiri langsung TNI-Polri dan Camat sukadana Hendra Septiawan, serta forum desa sukadana.

Terpisah, warga menuturkan salah satu keperluan kepentingan warga yang sipat nya urgent bisa cepat tanggap, serta pembangunan merata. (Ahmad R)

(Visited 71 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *