Bupati Lampung Utara Pimpin Upacara Hari Veteran Nasional Ke-74

DIBERITA.COM | Lampung Utara – Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Veteran Nasional ke-74 Tahun 2023 di Kabupaten Lampung Utara yang berlangsung di halaman Kantor Pemkab setempat, Lampung Utara, Lampung, Senin (14/08/2023).

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Utara mengajak untuk merenungkan sejenak atas apa yang telah diperjuangkan dan dikorbankan oleh para Veteran Republik Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kedaulatan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

“Melalui peringatan hari Veteran ini menyadarkan semua untuk senantiasa mengenang dan menghormati dedikasi dan pengabdian dari para veteran yang telah memberikan segalanya untuk negara ini.

Dengan semangat patriotisme dan tekad yang tak tergoyahkan, berjuang mengorbankan nyawa, kesehatan, dan masa depan pribadi demi kelangsungan generasi bangsa,” kata Budi Utomo.

Budi Utomo menambahkan, para veteran adalah pilar penting dalam sejarah dan identitas bangsa. Veteran adalah saksi hidup perjuangan panjang dan berat dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Namun tentunya tidak hanya mengenang momen-momen heroik di medan perang saja, tetapi juga meneladani pengorbanan yang telah dilakukan oleh veteran setelah kembali ke masyarakat sipil.

“Banyak dari para veteran yang terus berkontribusi dalam berbagai bidang, menginspirasi kita semua untuk mencintai dan berjuang demi tanah air.

Kiprah para veteran ini juga mengingatkan kepada kita akan tanggung jawab kita sebagai warga negara dan meneruskan nilai-nilai perjuangan yang telah ditanamkan oleh para veteran.

Semangat gotong-royong, persatuan, dan semangat kebangsaan harus tetap hidup dalam setiap aspek kehidupan,” ungkap Budi Utomo.

Karena itulah, sambung Budi Utomo, di tengah tantangan dan perubahan zaman ini, menghormati para veteran adalah cara untuk menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan.

Melalui pengajaran sejarah dan kisah-kisah kepahlawanan telah membantu generasi muda memahami arti pentingnya kemerdekaan dan hak-hak yang telah diperjuangkan dengan susah payah.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2023 ini, sebagai momentum untuk meningkatkan semangat juang yang telah diwariskan oleh para veteran,

untuk terus menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan, menjaga iklim kondusif dan toleransi, dan mendukung berbagai program pembangunan Kabupaten Lampung Utara agar senantiasa aman, agamis, maju dan sejahtera,” tandasnya.

Turut hadir juga pada upacara tersebut, jajaran Forkopimda Kabupaten, Para Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah, Camat, para Veteran, serta TP-PKK Kabupaten Lampung Utara.
(*S. Dharmawan)

(Visited 15 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *