Program Pembangunan Berdasarkan Musrembang Menggunakan Dana Desa Telah Terealisasi

DIBERITA.COM | Tulang bawang barat – Dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahap I dan tahap II Tahun 2022, Tiyuh (Desa) Mulya Kencana Kecamatan Tulang bawang tengah, Kabupaten Tulang bawang barat (Tubaba) berhasil realisasikan sejumlah program pembangunan yang memang sudah direncanakan pada Musyawarah Pembanguan (Musrenbang) Tingkat Tiyuh sebelumnya.

 

Diantaranya pembangunan gorong-gorong tiga titik yang masuk pembangunan jalan usaha tani, pembagian bibit alpukat sebanyak 1600 pohon yang sudah dibagikan kepada masyarakat, pengadaan kolam bioflok 13 unit yang dibagikan ke kelompok tani dibawah naungan Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT), dan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) sebanyak 107 KPM dari Januari sampai Juni 2022.

“Dan untuk tahap ke II Dana Desa ini direncanakan untuk program Hewani atau ternak kambing yang akan dikelola juga oleh kelompok tani sebanyak 25 ekor. Ya saya harap semua bisa berjalan dengan baik untuk kemajuan Tiyuh Mulya Kencana dan proses percepatan pemulihan ekonomi setelah di masa Pandemi,”kata Suyanta Kepala Tiyuh Mulya Kencana saat dijumpai diruang kerjanya. Senin (4/7/2022).

Bahkan selain itu sebagai bentuk kemitraan kepada awak media dan di tentunya sudah di amanahkan pada peraturan Kemendes No 13 tahun 2020 Tentang pengelolaan Dana Desa Terkait Publikasi Pembanguan desa, Tiyuh Mulya Kencana menganggarkan sekitar 20 juta Rupiah untuk jasa publikasi pertahun dan menggandeng beberapa media cetak dan Online sebagai sarana untuk membantu mempublikasikan kegiatan-kegiatan Tiyuh Mulya Kencana.

“Bahkan bukan hanya media-media cetak dan online saja, kita juga menjalin kerja sama dengan beberapa organisasi media yang ada di Kabupaten Tubaba untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan dan pembangunan di Tiyuh Mulya Kencana ini. jadi jika muncul anggapan-anggapan ada mark’up, penyimpangan, dan lain sebagainya pada anggaran publikasi itu jelas tidak benar,”jelasnya.

Selain itu Jika mengacu pada aturan tersebut, tambahnya, untuk kegiatan Publikasi bisa dibuatkan banner atau spanduk pengumuman yang di pasang diruang publik dibeberapa titik, atau dibuatkan selebaran pengumuman agar masyarakat dapat melihat dan mengetahui realisasi dana desa ini dipergunakan untuk apa saja, itu juga sudah termasuk publikasi,”terangnya.

Selanjutnya Suyanta Berkomitmen akan terus memaksimalkan Dana Desa untuk kemajuan Tiyuh Mulya Kencana melalui sejumlah program kerja yang telah direncanakan sebelumnya.

“Kedepan pembangunan tiyuh akan terus ditingkatkan, termasuk pembangunan pasar, lapangan, dan memanfaatkan gedung KUD agar menjadi salah satu Aset tiyuh untuk menambah PAD Tiyuh Mulya Kencana,”tutupnya.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *