Kecamatan Metro Selatan Melaksanakan Sosialisasi Hewan Kurban Jelang Hari Raya Idul Adha

DIBERITA.COM | Metro – Menjelang hari raya idul adha atau hari raya kurban, Bertempat di gedung Aula kelurahan Rejomulyo Kecamatan METRO Selatan Melaksanakan sosialisasi terkait penyakit PMK Penyakit Mulut dan kaki yang sudah mewabah saat ini, 02/07/22.

Yang sebelumnya juga sudah diadakan rapat PMK diruang rapat kecamatan Metro Selatan, Yulia Chandra Sari selaku camat metro selatan menindak lanjuti agar di adakan nya sosialisasi PMK adapun materi yang berikan dalam sosialisasi ini adalah wabah
Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adalah penyakit hewan menular akut yang menyerang ternak sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi dengan tingkat penularan mencapai 90-100%. Penyakit Mulut dan Kuku tidak bersifat zoonosis atau menular ke manusia namun dapat menimbulkan kerugian ekonomi sangat tinggi bagi pelaku usaha peternakan.

Maka dari itu sosialiasi ini dilaksanakan agar penyedia hewan qurban maupun pembeli harus meningkatkan biosecurity mengikuti protokol kesehatan di tempat penjualan hewan qurban sesuai arahan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Penyelenggaraan ibadah kurban untuk mencegah hewan kurban terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Panduan hewan kurban ini tertuang dalam Fatwa Nomor 32 Tahun 2022 Tentang Hukum dan Panduan Pelaksanaan Ibadah Kurban saat Kondisi wabah PMK.

Hari Raya Idul Adha di era wabah PMK sebaiknya para konsumen membeli dan memilih ternak terbaik untuk dikurbankan dengan mengikuti protokol covid-19 dan memilih ternak yang sehat tidak terserang wabah PMK, agar aman dan tetap sehat. (Rendy)

(Visited 28 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *