Walikota Metro Jadi Narasumber Workshop Penyusunan Proses Bisnis Implementasi SAKIP, RB dan ZI

DIBERITA.COM | Metro – Walikota Metro Wahdi menjadi Narasumber pada Workshop Penyusunan Proses Bisnis Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Penguatan Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Pemerintah Kota Metro Tahun 2021. Kegiatan pada Kamis (16/02/2021) tersebut berlangsung di Aula Pemerintah Kota Metro, dan dihadiri oleh Asisten III Sekda Kota Metro, Kepala Inspektorat Kota Metro, Kabag Organisasi Setda Kota Metro dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Metro.

Dalam hal ini, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Metro Zaki Mubaroq, melaporkan maksud dan tujuan kegiatan ini, yaitu untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif, dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik. Selain itu untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sebagai salah satu prasyarat terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya.

“Kegiatan ini untuk menciptakan ASN yang berakhlak, berorientasi pelayanan, akuntabe,l kompeten, harmonis, loyal, adaptif, koloboratif, dan bangga melayani bangsa,” ungkap Zaki.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro, mendefinisikan Zona Integritas sebagai predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi. Khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik.

“Terkait dengan tujuan zona integritas adalah untuk membangun unit kerja agar bebas dari KKN, Pungli, Suap, dari Calo, dan bebas dari penyalahgunaan wewenang,” ungkapnya.

Lanjutnya, Wahdi mengatakan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, yakni untuk mencapai target dalam melaksanakan kode etik dan kode perilaku pegawai guna membangun komitmen yang kuat dalam rangka mewujudkan kepegawaian yang profesional dan bertanggung jawab. “Kami memberikan rekomendasi untuk mencapai WBK/WBBM agar pimpinan unit kerja dapat terlibat aktif dalam implementasi manajemen kinerja,” ujarnya.

Walikota juga mengucapkan selamat kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atas diperolehnya predikat WBK. “Jadi kedepannya seluruh OPD dapat mengikuti jejak Disdukcapil untuk mendapatkan predikat WBK dan menjadikan Kota Metro lebih baik ke depannya serta menjadi contoh dari berbagai daerah lain”, kata Wandi.

Menurutnya, OPD lainnya juga harus menumbuhkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi, dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik di lingkungan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. “Tujuan akhir kita bukan hanya unit kerja yang bagus, tetapi ada tujuannya yaitu Indonesia yang baik. Kita bekerja untuk Indonesia, dimulai dari yang kecil untuk mencapai tujuan yang jauh lebih besar,” terang Wahdi. (red)

(Visited 54 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *