Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Mengikuti Rapat Konsolidasi Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota Malalui Zoom Meeting.

  • Whatsapp

Pesisir Barat – (diberita.com).

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Mengikuti Rapat Konsolidasi Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota Malalui Zoom Meeting.

Ruang OR. Bupati Kab. Pesisir Barat, Senin 26 Juli 2021

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Tedi Dzatmiko, S.KM., SH., MM., Plt. Kepala Dinas Kominfo Drs. Miswandi Hasan, M.Si., Sekretaris BPBD Mirza Sahri, S.Pd., MM., Sekretaris Kesehatan Rochmad dan beberapa perwakilan satgas covid-19.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Dalam arahannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta kepada pemerintah daerah kabupaten/kota untuk mengantisipasi keterisian tempat tidur ditengah lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19.

Pemda siapkan tempat isolasi atau rumah sakit darurat. Dipakai atau tidak itu nomor dua jangan sampai seperti kabupaten Lampung Timur yang menitipkan pasien ke Metro nanti kalau Metro juga penuh gimana,” kata Gubernur.

Menurutnya, saat ini dibeberapa daerah masih tercatat ada rumah sakit dengan tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) diatas angka 70 persen.

Ruang ICU juga masih sangat terbatas. Ada beberapa daerah yang tingkat keterisian nya diatas 70 persen dan ini yang perlu dilakukan antisipasi oleh daerah untuk melakukan penambahan.

Selain menambah tempat isolasi di rumah sakit, pemerintah daerah juga diminta untuk menyediakan sarana isolasi dan karantina yang terpusat di tingkat Kecamatan untuk pasien tanpa gejala.

Pemda boleh recofusing, boleh pembatalan anggaran demi keselamatan rakyat. Sarana isolasi dan karantina juga bisa dipusatkan di kecamatan untuk pasien yang isolasi mandiri.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, tercatat delapan daerah yang saat ini BOR nya berada diatas angka 70 persen.

Diantaranya, Bandar Lampung 85.94 persen, Metro 71.08 persen, Lampung Selatan 86.99 persen, Lampung Tengah 78.55 persen, Lampung Timur 84.21 persen, Lampung Utara 94.17 persen, Tanggamus 75 persen dan Way Kanan 97.14 persen.

Untuk di Provinsi Lampung sendiri saat ini BOR berada di angka 76.78 persen. Puncak nya tertinggi saat itu berada di angka 86 persen. Alhamdulillah sudah menurun.

Diinformasikan dalam waktu yang sama ditempat yang berbeda Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., mengikuti rapat konsolidasi penanganan covid-19 Provinsi Lampung secara langsung di Mahan Agung bandar Lampung. (*Azr*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *