Asisten II Bagian Ekonomi Pemkab Muara Enim Hadiri Musyawarah RKPD Provinsi Sumsel 2022

  • Whatsapp

Muara Enim  diberita.com – Mewakili Pelaksana Harian Bupati Muara Enim, H. Nasrun Umar, SH, MM, dan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Pemkab Muara Enim, Riswandar, SH, MH, menghadiri musyawarah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2022 di Santika Premier Bandara Palembang, Jumat (23/04).

Turut hadir pada kesempatan ini, Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, Bupati / Walikota se-Sumsel atau yang mewakili, Perwakilan Polda Sumsel, Perwakilan Kodam II Sriwijaya, dan Kepala Bappeda se-Sumsel atau yang mewakili serta secara virtual hadir Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) bidang ekonomi dan pembangunan, Hamdani dan Deputi bidang pembangunan manusia, masyarakat dan kebudayaan Bappenas RI, Subandi Sardjoko.

Hamdani pada kesempatan ini menghimbau Pemerintah Kabupaten / Kota se-Sumsel untuk mensukseskan arah pembangunan RPJMN 2020 – 2024 yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi.

Disampaikan Subandi Sardjoko bahwasanya fokus pembangunan RKP tahun 2022 yakni pemulihan ekonomi dan reformasi struktural meliputi pembangunan industri, pariwisata, ketahanan pangan, UMKM, infrastruktur, transformasi digital, pembangunan rendah karbon, reformasi perlindungan sosial, reformasi pendidikan dan keterampilan, serta reformasi kesehatan.

“Mengingat pentingnya RKPD bagi Pemerintah Pusat, diharapkan Pemerintah Daerah bisa fokus pada 5 arah pembangunan yaitu pemulihan industri, pariwisata dan investasi pasca pandemi Covid-19, mewujudkan Sumsel menjadi pintu gerbang perdagangan nasional, lumbung energi dan lumbung pangan, optimalisasi industri berbasis komoditas unggulan, pemerataan pembangunan di pesisir sumatera dan menguatkan kapasitas mitigasi dan penanganan bencana. Demi kesejahteraan rakyat Sumsel,”ungkap Subandi.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H. Herman Deru berharap dengan RKPD ini dapat memusyawarahkan pembangunan secara maksimal agar hasilnya maksimal.

Pada momen ini, Gubernur Sumsel, H. Herman Deru mengajak Bupati dan Walikota agar berkerjasama dengan perguruan tinggi untuk lebih mempertajam setiap perencanaan, misal pembangunan Food Estate, sehingga setiap pembangunan ada keterlibatan akademisi dengan kapasitas memantau.(dedi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *