Tak Ada Gugatan, KPU Metro Proses Penetapan Pemenang Pilwakot

  • Whatsapp

DIBERITA.COM, Metro–Usai merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mulai memproses penetapan walikota dan wakil walikota terpilih periode 2021-2025.

“Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota sudah selesai. Semua pihak menyepakati dan tidak ada gugatan. Selanjutnya memasuki tahap penetapan Walikota dan Wakil Walikota Metro terpilih,” kata Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama, usai rapat terbuka rekapitulasi penghitungan suara pilwakot tingkat kota, Senin (14-12-2020).

Dikatakan Nurris, pihaknya akan menindaklanjuti hasil rekapitulasi penghitungan suara ke tingkat provinsi hingga pusat. “Kalau tidak ada gugatan, kami akan menunggu buku registrasi perkara konstitusi (BRPK), paling lama lima hari. Jika sudah, maka lanjut ke proses penetapan pasangan calon terpilih dan pelantikannya,” ujar Nurris.

Sementara, hasil rekapitulasi penghitungan suara dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro tahun 2020, dari lima kecamatan yang ada di Kota Metro, sebagai berikut: Wahdi-Qomaru 28,294 suara, Mufti-Saleh 19,158 suara, Ampian Bustami-Rudy 22,819 suara, Anna-Frizt 27,022 suara.

Jumlah suara sah 97,293. Sedangkan jumlah suara tidak sah 1.554. Total keseluruhan jumlah suara sah dan tidak sah sekitar 98.857.

“Alhamdulillah, pelaksanaan rekapitulasi kondusif. Dan semua saksi paslon menerima hasil keputusannya,” tambahnya.

Kordiv Bidang Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Metro, Hendro Edi Saputro mengatakan proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota oleh KPU berjalan kondusif.

“Selama poses penghitungan suara tidak ada yang protes dari empat pasangan tentang hasil perhitungannya suaranya. Semuanya menerima keputusan hasil rekapitulasi. Sangat kondusif,” tambahnya.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *